!!!

Wilujeung Sumping di Blog abdi !

Selasa, 31 Agustus 2010

Burung Merpati

Memilih Merpati Untuk Hewan Peliharaan
Pastinya kita terkagum dengan suasana yang menarik,yang unik, lucu, sekaligus menggemaskan, para kalangan orang yang gemar memelihara binatang misalnya, mereka sanggup mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan seekor ataupun sepasang hewan untuk jadi hewan peliharaannya.
Kita ambil saja hewan yang ramainya musiman,tapi tergolong standar dari harga yang biasanya yaitu burung merpati, selain hewan ini mudah jinak,hewan merpati memiliki keunikan di bandingkan para spesies yang lainnya, pernahkan anda mengenal kata “giring ?” bukan vokalis band tentunya, kata giring dalam istilah merpati artinya kertarikan lebih pada sang betina, sehingga efeknya di manapun sang betina berada, pasti si jantan selalu menemaninya, terkecuali setelah pada masa mengerami telur biasanya, biasanya masa-masa “giring” terjadi setelah betina dan jantan kawin dan tinggal dalam sebuah kandang kira-kira menyongsong pembentukan telur dalam perut si betina.
Selain mempunyai kebiasaan giring, merpati juga salah satu burung cantik dan cerdas, bulu-bulu mereka bermacam-macam warnanya, bentuk paruh,tinggi, hidung dan cakar berupa rupa, merpati tergelong menjadi beberapa jenis :
1.Merpati Pos



Jenis Merpati satu ini sangat bandel, dan sulit jinak, memiliki ciri – ciri utama berhidung lebih besar daripada merpati biasanya, berbadan lebih kekar dan tegap,sayap yang gesit membuat keunggulan pada penerbangannya yang mampu terbang beberapa puluh kilometer dengan ketinggian yang lumayan tinggi, merpati pos sulit jinak pada kandang yang baru terutama yang sudah berumur 4 bulanan ke atas, di karenakan merpati ini bandel dan hanya ingat dimana tempat mereka di besarkan dari kecil. Pada jaman dulu merpati ini sering di gunakansebagai alat komunikasi pengirim surat atau pesan singkat, karena pada jaman dulu masih langkanya alat komunikasi elektronik. Langkanya burung merpati jenis ini harus kita perhatikan populasinya, tidak ada cirri warna yang mencolok pada burung ini, warna bulunya bisa menyamai dengan burung merpati yang lain, namun kebanyakan berwarna putih.
2.Merpati Kipas



Merpati satu ini mempunyai kelebihan yang unik di bandingkan dengan jenis-jenis merpati yang lainnya, yaitu ekornya yang berdiri ke atas serta mengembang seperti kipas, biasanya merpati kipas hanya berwarna putih, dan jarang berwarna seperti jenis merpati rumahan biasa, saying jenis merpati ini tidak bisa terbang tinggi seperti jenis merpati yang lainnya, di karenakan ekor yang kurang ideal untuk terbang dan lemahnya oto sayap mereka.
3.Merpati Rumahan



Merpati rumahan, jenis merpati ini banyak di temui di lingkungan rumah – rumah, hidup dengan makanan apa adanya membuat merpati ini banyak di jadikan hewan peliharaan, tak hanya jagung yang menjadi makanan sehari-hari, merpati ini bisa memakan sisa-sisa makanan yang masi layak, beras,layer(makan untuk ayam) bisa menjadi santapan, apalagi kalau musim beranak. Merpati ini tergolong sederhana untuk di pelihara, meskipun merpati ini tidak mempunyai kelebihan istimewa di bandingkan jenis merpati di atas, merpati ini sanggup bersaing dengan potensi-potensi yang mereka miliki, yaitu mereka sanggup terbang dengan ketinggian 100 m lebih, kejinakannya pada saat giring mampu menarik orang-orang untuk memilki jenis merpati ini, seringnya di adakan lomba merpati jenis ini mampu menaikkan harga yang cukup tinggi di kalangan pecinta burung jenis ini. Wah hebat yah.. Istimewa. Hehehe. . .

So, mau pelihara jenis yang mana pun, kita mesti menjaga populasinya, merawatnya dengan baik, kandang-kandangnya pun harus kita jaga kebersihannya. Begitulah kira-kira pengenalan burung dara(merpati), kurang lebihnya saya menunggu masukan dan saran dari para pengunjung blog saya. Trims..

4 komentar:

  1. ciri-ciri merpati yg bagus untuk sprint atau terbang tinggi kok ngak ada

    BalasHapus
  2. oh gitu ya.. maaf gk kepikiran. hehe.. ok makasih masukannya..

    BalasHapus
  3. DIruMah punya buRung dara ga? beRapa harGanya
    pi buRung b e n e r a n loo...

    BalasHapus
  4. SEBULAN LAGI PASTI BALASANYA

    BalasHapus

Isi komentarnya y