!!!

Wilujeung Sumping di Blog abdi !

Sabtu, 12 Maret 2011

Sejarah SMP N 1 Purwakarta

Masyarakat Jawa Barat khususnya Purwakarta, pasti tahu sekolah-sekolah menengah pertama di Purwakarta, salah satunya sekolah menengah terfavorit di Purwakarta yaitu SMP N 1 Purwakarta termasuk saya sebagai alumninya. Nah para pengunjung blog ini(khusunya alumni)nya tau gak sih sejarah SMP N 1 Purwakarta itu gimana? Setidaknya tahu suatu sejarah itu gak ada salahnya kan? hehe..

Silahkan Simak Sobat..

Sejarah SMPN 1 Purwakarta

Pada zaman penjajahan Jepang, seorang tokoh Purwakarta pada masa itu bernama Engku Soendoro memprakarsai berdirinya Chuugakko atau SLTP. Kemudian, nama Chuugakko tersebut berubah nama menjadi SMP Purwakarta, tanpa embel-embel angka di belakangnya. Pada 1943, Chuugakko merupakan satu-satunya sarana pendidikan lanjutan setelah sekolah rakyat yang ada di daerah Karawang.

Daerah tersebut meliputi Rengasdengklok, Purwakarta, Subang, Sagalaherang, dan Pamanukan. Sehingga banyak murid dari berbagai daerah tersebut mendatangi Purwakarta untuk melanjutkan sekolah tingkat menengah pertama.Tampaknya berdasarkan hal itulah SMP Purwakarta ini kemudian dinobatkan sebagai SMP pertama dan nomor satu di Kabupaten Purwakarta.

SMPN 1 Purwakarta Sekarang

Sejak 2004 lalu, SMPN 1 Purwakarta terpilih sebagai salah satu sekolah di Purwakarta yang berstandard-kan nasional. Sekolah ini juga memiliki kelas percepatan atau akselarasi bagi siswa-siswanya yang dinilai pintar dalam berbagai pelajaran.

Kelas akselerasi atau percepatan akan membuat masa belajar siswa di SMP menjadi lebih cepat. Keberhasilan SMPN 1 Purwakarta dalam hal akademik menjadikannya sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan sistem pendidikan di Kabupaten Purwakarta.

Dalam misi nya, SMPN 1 Purwakarta ingin menjadikan para lulusannya sebagai manusia yang mempunyai nalar tinggi, mempunyai daya saing ketika berada di lingkungan yang lebih luas, menciptakan lulusan yang berjiwa ‘pengusaha’ dalam mengatur hal-hal yang berkaitan dengan sekolahnya, serta ingin menjadikan lulusannya menjadi pribadi yang lebih bisa menghargai perbedaan kebudayaan yang ada di sekitar mereka.

Untuk mencapai itu semua, SMPN 1 Purwakarta memiliki beberapa program unggulan bagi para siswanya. Program unggulan yang direncanakan mencakup pembangunan sarana dan prasarana di sekolah menengah pertama tersebut. SMPN 1 Purwakarta juga berupaya untuk meningkatkan daya serap SMA-SMA unggulan di Purwakarta terhadap para siswa lulusan SMPN 1 Purwakarta.

Selayaknya beberapa sekolah lain yang memiliki fasilitas penunjang kegiatan belajar-mengajar bagi warga sekolah, SMPN 1 Purwakarta pun demikian. SMP ini memiliki beberapa ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, ruang multimedia, serta ruang untuk berketampilan dan berkesenian.

Selain kegiatan belajar-mengajar yang sifatnya edukatif, SMPN 1 Purwakarta juga menyediakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler untuk para siswanya. Seperti, Pramuka, Paskibra, Palang merah Remaja, Patroli Keamanan Sekolah, Olahraga, Kerohanian, serta Karya Ilmiah Remaja.

Kegiatan berekstrakurikuler dipercaya mampu menumbuhkan sifat percaya diri pada para siswa. Para siswa yang masuk dalam salah satu kegiatan ekstrakulikuler cenderung akan lebih aktif ketika sedang mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru di dalam kelas.

1 komentar:

Isi komentarnya y